Gerakan Menuju 100 Smart City

Gerakan Menuju 100 Smart City

Gerakan Menuju 100 Smart City

Untuk mewujudkan agenda Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) berupa Gerakan Menuju 100 Smart City, Kemenkominfo siap melakukan pendampingan terhadap kabupaten/ kota di seluruh Indonesia. Pendampingan tersebut akan dilaksanakan dalam bentuk pemberian bantuan teknis, yaitu membuat master plan atau perencanaan.

Seluruh OPD bidang komunikasi dan informatika di kabupaten/ kota diharapkan menjadi leading sector dalam mengimplementasikansmart city. Sedangkan untuk menjadi smart city, Kabupaten/ kota tidak cukup hanya menyiapkan sarana seperti Wifi gratis lalu dibiarkan begitu saja, tetapi butuh tahapan perencanaan yang matang dan perkembangan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Tahap kegiatan ini adalah assessment untuk melihat kesiapan daerah dalam menerapkan smart city. Kemenkominfo juga sudah menyiapkan pendampingan daerah yang ahli agar benar-benar menjadi smart city.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen bekerjasama dengan Kemenkominfo menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap I Smart City di Gringsing Room, Hotel Mexolie Kebumen (26/06). Kegiatan ini berlangsung 2 (dua) hari yang diikuti oleh berbagai unsur masyarakat seperti perwakilan Forkopimda, OPD, praktisi pendidikan, konsultan, perwakilan desa dan pengusaha. Dr. Hasyim Gautama, Kasubdit Aplikasi Layanan Kepemerintahan Kemenkominfo dan Dr. Rini Rachmawati, S.Si, MT, staf pengajar pada jurusan Geografi Universitas Gadjah Mada hadir sebagai narasumber.

Pada Bimtek Tahap I akan disusun Master Plan Smart City dan Quick Win Program Unggulan. Kemudian penyampaian materi tentang Guidline Masterplan Smart City, Persiapan Gerakan Menuju 100 Smart City dan Penyusunan Kertas Kerja Analisis Evaluasi Program Kerja, Analisis SWOT dan Rencana Program Pembangunan.




Di publish pada : Selasa, 02 Juli 2019
Oleh : Ary Humas

  • Share
image title here

Some title