• Home
  • Headline News
  • BPS Kabupaten Kebumen Lakukan Pendampingan Pengisian Sensus Penduduk Online

BPS Kabupaten Kebumen Lakukan Pendampingan Pengisian Sensus Penduduk Online

BPS Kabupaten Kebumen Lakukan Pendampingan Pengisian Sensus Penduduk Online

BPS Kabupaten Kebumen Lakukan Pendampingan Pengisian Sensus Penduduk Online

Pemerintah Kabupaten Kebumen bersama Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan sosialisasi pelaksanaan sensus penduduk Tahun 2020. Berbeda dengan sebelumnya, Sensus Penduduk (SP) tahun 2020 dilakukan dengan metode input data secara online.

Sensus ini dapat dilaksanakan secara mandiri dengan mengunjungi Website sensus.bps.go.id mulai tanggal 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020. Pendampingan pengisian Sensus Panduduk online di beberapa wilayah di Kabupaten Kebumen ini dalam upaya mensukseskan kegiatan BPS Kabupaten Kebumen. Salah satunya kegiatan pengisian di Sekretariat DPRD Kab Kebumen yg diikuti seluruh karyawan/ karyawati pada Kamis (12/3).

Kepala bagian Humas Sekretariat DPRD Kebumen Unggul Winarti SE MSi memberikan sambutan sekaligus membuka acara Sosialisasi Sensus Penduduk Tahun 2020 di ruang rapat pimpinan DPRD Kebumen. Hadir dari BPS Kebumen sekaligus sebagai nara sumber Fajrin Fauzan.

"Pengisiannya cukup mudah, hanya menggunakan smartphone dan membawa KK, KTP dan juga surat nikah bagi yg sudah untuk meregistrasi dan pengisian kevalidan data" jelasnya.

Pengisian dari sensus online dapat dilakukan melalui laman https://sensus.bps.go.id. Sensus ini diperuntukkan bagi warga negara Indonesia (WNI) dan warga negara asing (WNA) yang telah atau akan tinggal selama minimal satu tahun di Indonesia.

"Sebelum melakukan pengisian online, penduduk perlu menyiapkan dua dokumen yakni Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP)" jelasnya. Selain kedua dokumen itu, BPS menyarankan agar menyiapkan dokumen lain seperti buku nikah, dokumen cerai, surat keterangan kematian, termasuk untuk anggota keluarga tambahan jika memungkinkan. Penambahan anggota keluarga baru dapat dilakukan pada halaman "Daftar Anggota Keluarga" pada kolom paling bawah pada list nama anggota keluarga dengan mengetikan nama anggota keluarga yang ingin ditambahkan.

Fajrin Fuzan berharap semua warga ikut turut andil dalam sensus penduduk online 2020.




Di publish pada : Senin, 16 Maret 2020
Oleh : Ernawati

  • Share
image title here

Some title